Irman Gusman Bakal Capres Indonesia Bangkit


Indonesia bangkit Irman Gusman
Irman Gusman, SE., MBA lahir di Padang Panjang, Sumatera Barat., tanggal 11 Febuari 1962. Dengan bimbingan orangtua yang ketat dan displin, Irman tumbuh menjadi anak yang penuh percaya diri, pandai bergaul dan peduli lingkungan. Irman mengenyam pendidikan di SD Negri 58 Padang, sempat duduk di SMA Don Bosco Padang selama setahun dan menamatkannya di SMA Negri 2 Padang. Setelah lulus SMA pada usia 17 tahun, Irman melanjutkan kuliah di Jakarta dan mengambil jurusan Manajemen Perusahaan, Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Indonesia (UKI) Jakarta. Selama masa kuliah, Irman aktif di senat dan berbagai organisasi di luar kampus seperti Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) dan Kesatuan Mahasiswa Minang (KMM). Irman meraih gelar Master of Business Administration (MBA) pada tahun 1988 dari Graduate School of Business, University of Bridgeport, Connecticut, USA.


Setelah berhasil menggeluti dunia bisnis, Irman kemudian memilih medan pengabdian dalam spektrum yang lebih luas, yakni bidang politik. Era reformasi mencetuskan keterpanggilan jiwa-batin Irman untuk terlibat langsung memperbaiki nasib dan masa depan bangsa. Sebelum menjadi anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia, tahun 2004-2009 melalui Fraksi TNI/Polri Irman terpilih menjadi anggota MPR 1999 dari utusan daerah. Irman terpilih menjadi anggota DPD dengan suara tertinggi, yaitu 348.200 suara (17,59%). Selain itu Irman juga dipercaya menjadi satu-satunya perwakilan dari wilayah Sumatera yang menjadi pimpinan DPD RI.

Karir politik Irman dimulai pada tahun 1999, ketika Irman menjabat sebagai anggota MPR RI Utusan Daerah Sumatera Barat, periode 1999-2004. Kemudian ia menjabat sebagai Wakil Ketua Fraksi Utusan Daerah MPR RI, Periode 2002-2004. Sosok Irman yang selalu optimis telah dipercaya untuk menjadi Wakil Ketua DPD periode 2004-2009 bersama dengan Ginanjar Kartasasmita sebagai ketua dan Laode Ida sebagai wakil ketua. Saat ini Irman kembali dipercaya untuk memegang mandat sebagai Ketua DPD RI 2009-2014.

Irman Gusman juga aktif dalam kegiatan sosial-keagamaan dan pendidikan di mana Irman dipercaya untuk menjabat berbagai posisi strategis antara lain Bendum ICMI 2000-2005, Wakil Ketua Dewan Pakar ICMI, periode 2005-2010, Dewan Penyantun Universitas Andalas dan Universitas Muhamadiyah Sumatera Barat, penasehat Majelis Ekonomi Pimpinan Wilayah Muhamadiyah Provinsi Sumatera Barat periode 2000-2005, Dewan Pakar Gebu Minang periode 1999-2003. Hingga saat ini masih aktif sebagai Dewan Kehormatan ESQ.

Irman Gusman merupakan salah satu pemrakarsa pembentukan Dewan Perwakilan Daerah atau DPD melalui UUD 1945. Sebagai Pimpinan DPD, ia berjuang menegakkan kewibawaan daerah-daerah menjadi kekuatan dalam bangunan bernama Indonesia. Prestasi dan kiprahnya membuat Irman Gusman diapresiasi sebagai Pemimpin Muda Indonesia dari DPP PKS. Begitu pula Majalah Biografi Politik dan Jakarta Political Club menobatkan Irman sebagai salah satu dari 15 Pemimpin Muda Berpengaruh bersama Yusron Ihza, Adhyaksa Dault, Denny JA dan Tifatul Sembiring. Bahkan sosok kepemimpinannya sangat menonjol mendorong pemerintah Amerika Serikat untuk memberikan penghargaan kepada Irman sebagai pemimpin muda potensial di Parlemen.

Sebagai salah satu seorang penggagas dan pembentuk cetak biru sistem perpolitikan baru, Irman juga berhasil membawa sistem perpolitikan nasional menjadi bikameral yang menempatkan DPD sama seperti Senator di Amerika Serikat. Irman Gusman juga seringkali mendapat kehormatan mendampingi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam kunjungan-kunjungan kenegaraan yang sifatnya strategis.

Pengabdian Irman terhadap pembangunan daerah telah membawanya menjadi tokoh, ikon dan pelopor untuk memajukan masyarakat daerah yang makmur dan sejahtera.

Irman telah menikah dengan Liestyana Rizal Gusman dan dikarunai 2 putri dan 1 putra, yaitu Irviandari Alestya Gusman, Irviandra Fathan Gusman dan Irvianjani Audria Gusman.

Jika Anda mendukung Irman Gusman sebagai Capres 2014 atau memiliki pilihan lain dapat mengikuti Jajak Pendapat Bakal Capres 2014 melalui jajak pendapat capres ini atau melalui  formulir jajak pendapat ini.

Dikutip dari websitenya Irman Gusman

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Irman Gusman Bakal Capres Indonesia Bangkit"