Three in One dalam Surat Al Fatiha

Three in one dalam surat Alfatiha
Konsep Three in One tergambar pada surat-surat dalam Alqur’an. Pada kesempatan ini digambarkan konsep three in One dalam surat Alfatiha. Yakni 3 jalan yang menuju satu jalan lurus. Surat Alfatiha adalah tujuh ayat dari surat pertama Alquran. Dalam buku Islam Jalan Lurus, tuntunan menjemput sukses bahagia surga diletakan dalam bab ke dua. Surat ini dasar pijakan fitrah, jalan yang dilalui dan tujuan hidup manusia. 

Al Fatiha juga merupakan surat yang wajib dibaca dalam setiap sholat, minimal dibaca umat muslim sebanyak 17 kali dalam lima kali sehari dalam shalat fardhu. sehingga surat ini disebut juga sebagai surat As Sab'ul Matsaany (tujuh ayat yang diulang-ulang). Angka 17 ini merupakan dasar untuk menetapkan derajat sebagai salah satu ukuran dalam buku Islam Jalan Lurus, tuntunan menjemput sukses bahagia surga, selain ukuran dimensi dan qadar. Ketiga ukuran inilah yang yang digunkan untuk menganalis semua aspke kehidupan. 

Dengan demikian terlihat bahwa Surat Al Fatiha sangat utama, sehingga surat ini sering disebut sebagai surat induk alquran atau ummu Alquran. 

Keutamaan disampaikan melalui satu hadits qudsi yang diriwayatkan dari Abi Hurairah r.a. Bahwasanya Nabi SAW bersabda, “Barangsiapa mengerjakan sholat dengan tanpa membaca, di dalam sholatnya, umm al-Quran (surah al-Fatihah), maka sholatnya kurang (diucapkan beliau tiga kali, sebagai penegasan), tidak sempurnalah sholatnya.” … (diriwayatkan oleh Imam Muslim, dan begitu juga oleh Imam Malik, Imam Tirmidzi, dan Imam Abu Dawud, Imam Nasai dan Imam Ibnu Majah) 

Adapun ayat-ayat Surat Alfatiha adalah sebagai berikut : 
  1. Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. 
  2. segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. 
  3. Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. 
  4. yang menguasai di hari Pembalasan. 
  5. hanya Engkaulah yang Kami sembah, dan hanya kepada Engkaulah Kami meminta pertolongan. 
  6. Tunjukilah Kami jalan yang lurus, 
  7. (yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat. 

Surah Alfatiha (1-7) Subhanallah begitu banyak makna terkandung dalam surat Alfatiha sebagai surat pembuka Alquran. 

Konsep konsep three in One dalam surat Alfatiha ini juga dapat dilihat pada seluruh surat dalam Alquran bahkan dalam surat-surat pendek sekalipun. Seperti 3 surat terpendek yaitu Surat An Nashr surat Al kautsar dan Surat Al Ashr. Konsep ini mewarnai alur surat-surat dalam Alquran, 3 titik fitrah manusia melalui satu jalan lurus menuju kehadirat Allah.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Three in One dalam Surat Al Fatiha "