Kapan Giliran Kami..!

Negera dikelola dengan pendekatan politik akan mempertahankan kekuasaan.
Negera dikelola dengan pendekatan pemerintahan akan menjalankan amanah yang diperintah.

Jika Anda baca kembali kata-kata di atas sepertinya sesuai dengan gambaran kondisi negara Indonesia ini. Dengan pendekatan politik pengelolaan pemerintahan, sangat dipengaruhi kondisi politik.  Dalam kondisi normal 5 Tahun jabatan kepemimpinan dalam pemerintah praktis hanya 3 tahun miliknya masyarakat sebagai pemilik kekuasaan sebenarnya.

1 Tahun sebelum pemilu dan 1 Tahun setelah pemilu sudah tentu masyarakat akan dikesampingkan. Jikapun ada program atau kegiatan yang dilakukan pemerintah lebih bersifat untuk melanggengkan kekuasaan. Sehingga dapat muncul kata kapan giliran kami..!

Tulisan ini dibuat ketika membaca kegelisahan tentang Negeri ini dari sudut pandang akademis. Kegelisahannya berkaitan dengan kedudukan Ilmu Pemerintahan. Yang ditulis seorang guru besar Ilmu Pemerintahan dalam bukunya Kybernologi Ilmu pemerintahan Baru karya Taliziduhu Ndraha. Dimana sulit mengembangkan state-of-the art Ilmu pemerintahan. Jika Ilmu pemerintahan masih berada dibawah bayang-bayang ilmu politik. Padahal Ilmu Pemerintahan adalah ilmu basic.

Mudah-mudahan tulisan ini menjadi pembuka untuk mengupas kembali tata kelola pemerintahan negeri ini. 
Mengingat yang menjadi perdebatan bahkan hingga dasar-dasar berdirinya negara ini. Tentu hal ini harus kita sikapi dengan bijak. semoga hasilnya nanti dapat menjadi salah satu cara Indonesia bangkit sehingga tidak ada kata, kapan giliran kami..! sebuah ironi kehidupan dibelakang istana.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kapan Giliran Kami..!"